Berikut cara menjaga kesehatan tubuh agar tak mudah terserang penyakit


Cara-menjaga-kesehatan-tubuh

Jika berbicara soal penyakit dan virus, pastinya hampir setiap orang pernah mengalami rasanya sakit dan terkena virus. Selain itu juga penyakit tidak hanya datang sekali seumur hidup, tapi juga bisa beberapa kali kita alami. Penyakit bisa kita alami kapanpun, sehingga tidak dapat diprediksi. Namun kita bisa melakukan beberapa hal untuk dapat meminimalisir resiko datangnya penyakit pada tubuh kita.

Penyakit bisa datang dari pola hidup yang kurang baik, cuaca extreme dan virus. Namun paling besar datangnya penyakit adalah dari pola hidup yang kurang baik. Karena tidak semua orang mau untuk menjalankan pola hidup sehat.

Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini Penalytics akan bagikan cara menjaga kesehatan tubuh. Dengan menjaga kesehatan tubuh secara tidak langsung kamu juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu lho.

 

Cara menjaga kesehatan tubuh

 

1. Perbaiki kulitas tidur

 

menjaga kualitas tidur

 

Pada umumnya durasi jam tidur diusia produktif, mulai dari usia 18 – 50 tahun berkisar antara 7 – 9 jam. Agar tidur kita menjadi berkualitas, maka kita perlu tidur hanya selama 7 – 9 jam dan usahakan jangan sampai kurang apalagi lebih ya.

Selain itu waktu istirahat tidur yang disarankan adalah tidur pada jam 9 dan terbangun pada jam 4 atau 5 pagi. Karena udara yang segar bisa didapatkan di waktu – waktu subuh tersebut.

Dengan tidur yang cukup dan mengawali hari dengan udara yang segar, akan membuat sistem kerja tubuh menjadi lebih baik lagi.

 

2. Rutin berolahraga

 

cara menjaga kesehatan tubuh

 

Olahraga juga diperlukan oleh tubuh, karena semakin sering kita berolahraga maka semakin besar juga kekebalan tubuh kita. Jika kamu jarang berolahraga kamu dapat memulai olahraga mulai dari yang mudah terlebih dahulu.

Kamu dapat memulai kegiatan olahraga seperti lari, bersepeda, berenang, senam dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga tidak perlu terlalu lama berolahraga, lakukan minimal 30 menit saja setiap harinya sudah cukup. Jika terasa kurang, kamu dapat menambah waktu olahraga kamu sedikit demi sedikit.

Waktu olahraga yang baik juga bisa kamu lakukan pada pagi hari. Karena selain mendapatkan kualitas udara yang segar kamu juga mendapatkan tambahan vitamin D dari sinar matahari pagi.

 

3. Menjaga kebersihan

 

Menjaga kebersihan

 

Hal yang paling mudah diucapkan namun sulit dipraktekan adalah menjaga kebersihan. Karena tidak semua orang sadar akan hasil baik yang bisa didapatkan dengan menjaga kebersihan. Padahal kebersihan adalah sebagian daripada iman kan dan bisa membantu kita agar terhindar dari penyakit.

Kamu dapat menjaga kebersihan dengan melakukan beberapa cara berikut:

  • Mandi 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari setelah beraktivitas
  • Cuci tangan sebelum Anda menyiapkan makanan / makan
  • Sikat gigi 2 kali sehari pada pagi hari dan sebelum tidur
  • Membuang sampah pada tempatnya

 

4. Makan makanan dengan gizi seimbang

 

Cara menjaga kesehatan tubuh

 

Tubuh memerlukan gizi agar dapat terus digunakan untuk melakukan kegiatan sehari – hari. Kita perlu memakan makanan yang memiliki kandungan gizi sesuai agar dapat terus beraktivitas.

Jika dikelompokkan, sumber makanan dalam Pedoman Gizi Seimbang terbagi tiga, yaitu:

  • Sumber energi/tenaga: Padi-padian, umbi-umbian, tepung-tepungan, sagu, jagung, dan lain-lain.
  • Sumber zat pengatur: sayur dan buah-buahan
  • Sumber zat pembangun: ikan, ayam, telur, daging, susu, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, oncom,susu kedelai.

(Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Empat_sehat_lima_sempurna)

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, dapat membuat tubuh kita menjadi sehat dan berstamina. Namun tentunya kita tetap perlu mengontrol pola makan. Jangan sampai kita terlalu banyak atau terlalu sedikit mengonsumsi makanan. Serta kita juga perlu menjaga diri untuk tidak mengonsumsi junk food terlalu banyak ya.

Makanlah sesuai dengan kebutuhan kita untuk beraktivitas, agar berat bedan kita tetap ideal. Dengan badan yang ideal kita bisa meminimalisir datangnya penyakit pada tubuh kita.

 

5. Kelola stress

 

Kelola stress fikiran

 

Yang namanya beban pikiran pasti selalu ada, karena pasti setiap orang mengalami masalah pada kehidupannya masing – masing. Dari beban pikiran yang terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan berpikir dan akan menghasilkan stress.

Nah kamu perlu kelola stress kamu, karena dengan adanya stress dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol. Hormon ini bisa menurunkan daya ingat, kekebalan tubuh dan kekuatan tulang, serta menaikkan berat badan, tekanan darah, dan kolesterol. (sumber : https://kumparan.com/kumparansains/5-penyakit-yang-timbul-akibat-stres-27431110790556386)

Jadi, jangan mikirin masalah mulu ya, kamu harus bisa memilih mana yang lebih penting untuk dipikirkan dan mana yang tidak.

 

6. Jauhi Rokok, alkohol dan narkoba

 

Jauhi rokok, alkohol dan narkoba

 

Tertulis jelas pada bungkus rokok saat ini bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit. Kandungan zat dalam rokok bisa menyebabkan kerusakan pada fungsi organ tubuh. Tidak hanya Rokok, begitu juga dengan alkohol dan obat – obatan terlarang.

Jika kamu adalah seorang perokok dan alkoholik, kamu bisa mulai mengurangi kecanduan kamu secara perlahan – lahan. Apabila kamu merupakan pencandu obat – obatan terlarang maka kamu perlu meminta bantuan kepada badan anti narkotika / BNN.

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang tidak mengonsumsi rokok / alkohol / obat – obatan terlarang. Jangan dekati kawasan smoking area dan club / diskotik, agar kamu dapat terjaga dari hal – hal tersebut.

 

7. Konsumsi nutrisi lebih

 

konsumsi vitamin / probiotik

 

Kamu dapat meminimalisir resiko terkena penyakit / virus dengan mengonsumsi nutrisi lebih diluar makanan. Nutrisi lebih lainnya bisa kamu dapatkan melalui vitamin atau mengonsumsi probiotik.

Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Makanan yang mengandung probiotik antara lain tempe dan yoghurt.

Untuk vitamin bisa mudah kamu dapatkan pada toko – toko obat atau minimarket terdekat. Selain itu kamu perlu mengonsumsi vitamin sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

 

8. Perbanyak konsumsi air putih

 

konsumsi air putih

 

Kandungan air putih dalam tubuh manusia diusia produktif rata – rata mencapai angka 56%. Sehingga secara garis besar tubuh membutuhkan air lebih banyak dibandingkan dengan zat lainnya.

Minum air putih yang disarankan adalah sebanyak 8 gelas perharinya. Jadi pastikan kamu tidak kurang mengonsumsi air putih agar tubuh kamu tidak kekurangan air yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Air mineral / Air PH termasuk jenis air putih, jadi kamu bisa mengonsumsi juga keduanya untuk kebutuhan air dalam tubuh.

 

Nah itu dia beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa mimin informasikan. Apalagi terkadang cuaca extreme datang tiba – tiba. Selain itu juga banyak virus baru yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Jadi apabila kondisi badan fit, maka tubuhpun memiliki sistem kekebalan yang tinggi.

Siapapun bisa terserang penyakit dalam kondisi apapun. Namun dengan menjaga kesehatan tubuh paling tidak kita dapat meminimalisir resiko terserang penyakit.

Silakan berikan komentar kamu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Follow by Email
LinkedIn
Share