Sudah terbukti! inilah tips membuat CV yang menarik dimata HRD


membuat-cv-yang-menarik

Sebelum melamar pekerjaan pada suatu perusahaan, kita memerlukan CV sebagai bentuk proposal melamar kerja. Agar terlihat meyakinkan maka CV yang dibuat pun harus menarik dan berbobot. CV (curriculum vitae) / resume merupakan alat untuk menjual diri kamu kepada perusahaan. Tentunya perusahaan tidak akan memanggil kamu apabila CV yang kamu buat biasa saja. Nah kali ini saya akan membagikan informasi tips membuat CV yang menarik dimata HRD yang telah dibuktikan oleh saya sendiri.

Membuat CV merupakan hal yang mudah namun tidak terlalu mudah untuk dipahami. Terkadang masih banyak orang yang melakukan pembuatan CV tanpa memahami isi CV yang seharusnya. Disaat Anda akan menjual diri Anda kepada perusahaan maka CV menjadi alat proposal Anda. Jadikan proposal Anda merupakan proposal yang terbaik yang tidak akan ditolak mentah – mentah.

Pembuatan CV itu harus simple jelas dan padat. Karena CV yang bagus adalah CV yang tidak terlalu mencolok dan mudah dibaca. Pertama – tama kamu harus menentukan template CV yang bagus namun simple. Kamu bisa mendapatkan template CV secara online. Atau kamu bisa juga melalui Ms. Word, biasanya akan ada template yang disediakan. Setelah mendapatkan template yang sesuai, silakan cari pekerjaan yang kamu mau lamar. Loh kok? iya kamu harus cari dulu karena nanti isi CV kamu akan disesuaikan dengan posisi lowongan. Setelah dapat lowongan yang kamu incar maka persiapkan CV nya.

CV dibuat dengan susunan dengan sub sebagai berikut:

  1. Nama lengkap, TTL, Usia, alamat, nomor tlp, alamat email dan hobi.
  2. Riwayat belajar kamu, mulai dari sd hingga perguruan tinggi.
  3. Pengalaman berorganisasi / pengalaman kerja.
  4. Bahasa yang kamu kuasai.
  5. Hard dan soft skill yang kamu miliki (disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar).
  6. Informasikan juga social media yang kamu miliki.

Membuat CV yang menarik

Sekarang saya akan bahas satu per-satu.

1. Nama lengkap, TTL, Usia, alamat, nomor tlp, alamat email dan hobi.

Untuk yang pertama adalah sub awal CV dimana kamu harus memberikan informasi kamu secara garis besar dan detail tentang kamu. Silakan tuliskan nama lengkap, nama panggilan, TTL, Usia, alamat, nomor tlp, alamat email hingga hobi yang kamu sukai.

2. Riwayat belajar kamu, mulai dari sd hingga perguruan tinggi.

Untuk yang Ke-2 merupakan sub pendidikan, dimana kamu harus menjelaskan riwayat pendidikan kamu mulai dari sekolah dasar hingga selesai berkuliah. jelaskan secara detail dari tahun masuk hingga tahun selesai. Informasikan nama tempat kamu bersekolah dan berkuliah pada universitas apa. Yang bagusnya di akhirnya tambahkan nilai rata – rata terakhir kamu / IPK terakhir kamu.

3. Pengalaman berorganisasi / pengalaman kerja.

Nah untuk poin ke-3 ini memiliki lebih dari 1 kondisi. Pasti akan ada pertanyaan, bagaimana yang fresgraduate namun tak pernah berorganisasi?. Bagaimana yang belum pernah memiliki pengalaman kerja?. Bagi kamu yang telah memiliki pengalaman organisasi / kerja selamat kamu ga ribet untuk isi sub ini. Nah bagi yang tidak jangan berkecil hati. Memang kesalahan kita sebelumnya untuk tampil tidak lebih menonjol dari yang lainnya semasa sekolah. Hanya menjadi murid / mahasiswa/i yang b aja. Cara mengisinya cukup mudah, apabila kamu pernah melakukan PKL saat smk/kuliah, tuliskan saja. PKL disini dimaksudkan praktik kerja lapangan ya bukan pedagan kaki lima :D. Apabila tidak cukup maka yang kamu harus lakukan adalah melamar magang / internship terlebih dahulu. Jadi kamu harus melamar menjadi Internship terlebih dahulu untuk mencari pengalaman. Dengan begitu HRD akan melihat CV kamu menjadi menarik.

Baca juga cara mendapatkan pekerjaan untuk freshgraduate

4. Bahasa yang kamu kuasai.

Untuk sub ke-4 ini, ga masalah kalo kamu cuma menguasai bahasa indonesia dan inggris, tuliskan saja. Apabila kamu memiliki kemampuan bahasa lainnya akan menjadi lebih baik. Misalnya bahasa daerah atau bahasa isyarat kamu bisa tuliskan. serta tuliskan dengan level yang kamu miliki misalnya Bahasa Indonesia levelnya expert dan bahasa inggris intermedite/beginner.

5. Hard dan soft skill yang kamu miliki.

Sub Ke-5 adalah sub skill, baik hardskill maupun softskill. Nah disini kamu harus menuliskan skill kamu sesuai dengan yang kamu bisa. Dengan syarat mendekati dengan posisi yang ingin kamu lamar. Misalnya kamu melamar posisi akuntan, maka kamu harus memasukan kemampuan seperti analisis keuangan. Dan tuliskan berapa persen kamu menguasai hal tersebut misalnya analisis laporan keuangan 80%, seperti itu.

6. Informasikan juga social media yang kamu miliki.

Sub terakhir, jangan biarkan perusahaan ribet nyari informasi kamu disosmed. Informasikan seluruh sosmed yang kamu miliki. Dengan begitu perusahaan merasa kamu telah memberikan informasi yang lengkap.

Nah itu dia informasi sesuai pengalaman saya dalam mencoba melamar pekerjaan. Sebagai tips tambahan, buat CV kamu dengan template yang berwarna namun tidak full color. Agar berkesan mudah dibaca dan enak dilihat ya.

Demikian informasi tips membuat CV yang menarik dimata HRD. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian ya. Silakan tinggalkan komentar atau saran apabila kamu memiliki ide yang lebih bagus ya :).

Silakan berikan komentar kamu :)

2 comments on “Sudah terbukti! inilah tips membuat CV yang menarik dimata HRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Follow by Email
LinkedIn
Share